GGL Induksi Elektromagnetik (Imbas Elektromagnetik)

Berikut adalah soal dari Pak Rudy beserta jawaban dari saya 😀

Semoga kawan-kawan dapat memahaminya.

Apabila terdapat kesalahan kiranya diberitahu.

Karena kita masih sama-sama belajar ^^

Semangat!

  1. Sebuah solenoid memiliki diameter 1 cm dan panjang 10 milimeter. Jika solenoid memiliki 10.000 lilitan, maka besar induktansi diri solenoid tersebut adalah . . . .
  2. Solenoid dengan 100 lilitan memiliki luas 10 cm2 dan mengalami perubahan medan magnet dari 0,5 Tesla menjadi 0,2 Tesla dalam waktu 0,025 sekon. Tentukan besar GGL Induksi yang terjadi.
  3. Di dalam suatu utas kumparan yang terdiri atas 5000 lilitan, terjadi perubahan arus listrik dari 0,5 A menjadi 0,05 A dalam waktu 0,01 sekon. Maka besar GGL Induksi yang dihasilkan adalah . . . .
  4. Generator terbuat dari 10 000 lilitan kawat yang di dalamnya terdapat medan magnet dengan kuat 0,5 tesla dan diputar dengan frekuensi 3600 rpm. Apabila luas kumparan sebesar 100 cm2. Maka GGL induksi yang terjadi mulai dari minimal, tersimpang perlahan-lahan dari sudut 30 o, 45o, 60o hingga saling tegak lurus  adalah . . . .
  5. Transformator memiliki lilitan primer sebanyak 100 lilitan dan lilitan sekunder sebanyak 800 lilitan. Apabila tegangan yang dikeluarkan adalah 220 V, berapakah besar tegangan dan kuat arus primer pada transformator ?
  6. Transformator memiliki efisiensi 80% mendapatkan daya 450 W pada tegangan 220 V, dihasilkan tegangan 2200 Volt. Tentukan besar kuat arus sekunder dan kuat arus primer dari transformator dimaksud.
  7. Gambarkan (capture) cara kerja generator DC, generator AC, dan Transformator

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Quality Time~

Helloooooo 😉
Welcome back!
How is your holiday guys?
Seru? Membosankan? Luar biasa? Atau.. gitu-gitu aja?

Untuk yang keluar kota, nikmatin liburannya ya!
Jangan sampe kebablasan gara-gara terlalu banyak shopping.
Dompetnya makin kurus loh nanti :p
Untuk yang dirumah, ayo deh bantu mamah nya.
Kapan lagi kan?
Biasanya kita sibuk terus sama urusan sekolah~
Coba bikin mamahmu seneng dengan ngelakuin pekerjaan rumah.
Seperti masak contohnya, kalau bisa juga sih :3
Wkwkwk xD

Kalo aku kemarin sih sempat 5 hari pergi keluar kota.
Tapi ya gitu aja, kurang seru :3

Oke the point is of this posting is…
Tepatnya tanggal 30 Juni.
Tiba-tiba aku dapet sms  dari temen smp yang kebetulan juga masih teman sma,
sebut saja septia :3
Ternyata isi smsnya berisi ajakan barbecue bareng.
Ceileh bahasanya barbecue. Padahal biasa juga nyebut bakar-bakar xD

Nih anak emang sering sms buat kumpul bareng teman-teman smp dulu.
How lucky I am.
Walaupun kata orang, aku sekolah di padang sabat.
Ya, SMP 9.
Siapa sih yang tahu ada sekolah di ujung jalan hiu putih itu? -_-

But I have many best friends there.
Ah love you from till the moon guys *maaflebaynyakeluar *abaikan *atauexitjugaboleh :3

Kompak!
Yap. Walaupun kekompakan ini juga di sponsori oleh kegigihan
wila &septia untuk modal pulsa sms buat ngumpul. Wkwk.

Eh ini kok malah curhat ._.
Oke kembali ke topik!

Setelah konfirmasi sms kesediaan untuk ikut.
Akhirnya septia, wila dan ratih datang ke rumah buat ambil duit 10ribu.
Yahhh. Apalah arti 10ribu kalo sebanding dengan kebersamaannya nanti kupikir 😀

Cusss, ternyata mereka sekalian ke pasar.
Aku juga ikut dong.
Sudah lama gak ke pasar xD
Oke. Ini lain aib!
Bukan. Bukan karena aku gak mau ke pasar.
Tapi gara-gara deket rumah juga ada warung sayur. Hahaha *ngelesajaludit -_-

Disana kami beli ayam dan jagung.
Untung duitnya passssssss banget bisa beli itu bahan :’)
Dengan didukung keahlian menawar tingkat tinggi tentunya :3

Kemudian jam 5 sore sesuai waktu yang di tentukan kami bakal kumpul.
Tapi, teteup diiringi dengan jam karet tentunya -_-
Aku aja dateng jam setengah enam, orangnya masih sedikit :’)
Aku, tiwi, septia, putri, olan dan wiwin pun gantian ngipas dan bolak-balik panggangan.
Dengan resiko badan bau asap tentunya. Ughh ._.

Teman-teman yang lain akhirnya mulai banyak berdatangan
seperti astri alias titi, novita, bagus, hery, sankris dan eky.
Oh iyaa, tempat kami barbecue itu di depan rumah wila yang
kebetulan adalah lapangan bulutangkis 😀
DSC_0185DSC_0186

DSC_0190DSC_0187

DSC_0193DSC_0194

Dannnn, bagian terseru dari kumpul teman-teman lama atau
yang bahasa kerennya reuni adalah pas makan-makannya…

Eh gak deng xD
Pas cerita-cerita donggg :p

Jadi kami nostalagia gitu~
Cerita gimana konyolnya kami dulu, cerita jalinan cinta monyet *uhuk xD
dan cerita gimana temanku yang dulu smp nya badau sekarang udah lumayan tobat :3

Juga gak ketinggalan topik yang selalu hangat tapi bikin kaget yang dengar~
Ya gitu  cerita tentang temen yang udah berhenti sekolah pas SMA nya,
entah itu karena kenakalan mereka yang berlebihan atau
karena ‘kecelakaan’ yang seharusnya gak terjadi sebelum kamu-kamu nikah ._.

Kalo ingat hal itu aku ngerasa beruntung banget,
di tengah hiruk pikuk kelabilan smp aku masih bisa jaga diri.
Dan untungnya lagi, walaupun ada beberapa teman disekitarku yang
kurang baik pergaulannya, aku masih bisa bertahan. Fiuhhh -.-

Kalo jaman smp, pasti masih inget deh, toilet sekolah yang gak pernah bersih
oleh coret-coretan seperti umpatan atau ‘ukiran’ nama pasangan.
Dan sekali lagi aku beruntung gak pernah melakukan hal tersebut xD

Teman-teman ku diatas juga merupakan suatu alasan
mengapa aku masih merasa beruntung merasakan
indahnya waktu smp daripada ‘kejam’ nya dunia smp itu sendiri.

Ceileee ‘kejam’ xD

And the last..
I want you to know guys,
‘I love all of  you. Thank you for the moment that we are making in junior high school’
I always thankful to God who gives me bestfriend like you 😀

Cheers :’)

Fighting! :*

DSC_0205DSC_0203DSC_0219DSC_0210

DSC_0215DSC_0214

Kegiatan Akhir Sekolah :3

Annyeong! Salamat hamalem.
How are you everybody? Apik wae kan?
Puji Tuhan ! 😀

Sorry itu rada aneh opening nya *ceilehbahasanyaopening xD
Maklum sedikit korslet, habis berjuang dari ”medan perang” nya anak sekolahan.
Jadiiiiii….
Gak kayak yang aku baca di novel-novel, kalo setelah ujian bakal ada yang namanya
class meeting atau bisa disebut lomba antar kelas.
Di sekolah ku, diwarnai dengan mencari nilai dan remedial~
Hampir 2 minggu anak SMA ngerjain soal-soal yang rata-rata berjumlah 50.
Wow.

Kelas XI sendiri selesai ulangan baru hari kamis.
Jumat dan Sabtu H2C (Harap Harap Cemas) karena nunggu hasil pembagian nilai ulangan.
Tapi disini aku khusus cerita dari tanggal 17-19 Juni 2013

Senin, 17 Juni 2013

ImageImage

Surprise!
Hari itu kami ngerayain ulang tahun bu Nurul, wali kelas XI IPA 5 a.k.a opera yang ke 43.
Sebenarnya sih, ultah bu Nurul itu hari minggu.
Tapi karena berbagai pertimbangan akhirnya kami memutuskan
memberi kejutan pada hari senin saja.
Dengan bermodalkan kue dan rombongan satu kelas.
Kami pun dengan berani ‘menghambur’ kantor guru.
Ya, keliatan nya di foto dia bahagia gitu.
Semoga kenyataannya gitu juga xD
Selamat ulang tahun Ibu!

Image

Tidak lupa juga hari itu, anak opera yang kristiani latihan untuk paduan suara
yang merupakan tugas dari guru agama Kristen. Tambahan nilai katanya~
Dengan bekal suara ku yang pas-pasan aku pun berani berkolaborasi dengan penyanyi senior
seperti nanad, gita, cu dan nyop 😀

catsss
Nahhh, ini dia.
Sekolah sudah lengang aja di siang hari.
Selain gara-gara kelas juga gak di buka
jadi gak ada tempat ngadem atau nonton film dadakan. haha xD

Selasa, 18 Juni 2013

ImageHari kedua, semua anak kristiani pada ngumpul untuk memenuhi tugas bu Ersie, guru agama Kristen.
Kami pada ngumpul di gereja SMADA, ibadah yang di selingi dengan penampilan paduan suara.
Padahal, ada video nya loh, ntar aku share :3
Kami nyanyi Allah Sumber Kuatku 🙂
Entah dengan adanya suara ku jadi sumbang gimana gitu.
Semoga enggak ya :’)

Image
Sorenyaaaaa, aku cu nyop randa ryan dan victor olahraga sore.
Biar slim eh maksudnya sehat xD
Lumayan banyak loh yang jogging di DISPORA itu, anak smada juga ada.
Anak skateboard yang kece juga ada *eh

Rabu, 19 Juni 2013

ImageImageImage
Dan hari ini, aku gak turun sekolah.
Bingung juga gak ada kerjaan -_-
Sorenya, aku olahraga sendiri, sepedaan.
Di jalan raya.
Ugh. Kurang nyaman sih.
Polusinya itu loh ._.
Muka aku ntar malah jerawatan *abaikan x3

Well, itulah kegiatan akhir sekolahku.
Gak bisa disebut rame sih, tapi lumayan menyenangkan 😀
Thank you my friends!

Sampingan

Yuhuuu~

Hallo!
Selamat hari kamis semuanyahhh! 😀
Merry Christmas and Happy New Year ya.
Walaupun telat bilangnya tapi dari pada engga. Iya kan? hehe.

Sama hal nya dengan posting kali ini yang dibuat ditengah kasur empuk yang kata adera itu terlambat. Posting ini seharusnya saya buat ketika libur kemaren :3

Tapi karena suatu dan lain hal akhirnya saya resmi mempublikasikan posting ini *sigh*

Jadi, tanggal 26 desember kemaren saya buka timeline twitter supaya gaul gituh xD ehh, ada tweet dari guru fisika saya, Pak Rudy yang sedang berseliweran berisi alamat URL blognya, cuss langsung aku baca.
And do yo know friends????
I got sunshine award from him.
What a favor for me.
Thank you so much sir 🙂
sunshine-award1

Yaaa..
Seneng banget rasanya bisa dapet award di domain wordpress ini x)
Walaupun masih agak gagu juga sebenernya make fitur wordpress karena terbiasa make blogspot. Ckckck

Nah, ternyata untuk menerima award ini ada syaratnya loh.
Berikut syarat dari award tersebut yang harus saya penuhi agar award ini menjadi sah milik saya sama halnya seperti cap tiga jari ijazah xD

  • Pasang logo Award di bawah judul posting (Sipp! Sudah terpampang manis :3)
  • Ucapan terima kasih kepada pengirim award (Pastinya! Biar lebih greget sekali lagi deh, terimakasih ya Pak Rudy! 🙂 gracias, arigato, danke, gamsahamnida)
  • Jawablah pertanyaan yang dikirimkan pengutus award (Oke~)
  • Lanjutkan kepada 10 penulis blog lainnya (Hmm. Kalo kurang dari 10 gak papa kan? Belum banyak tahu teman yang aktif di wordpress. Hehehe ^^v)
  • Beritau “mereka” tentang “hadiah” yang didapatnya (Besok deh 😀 )

Sekarang sesi tanya jawabnya, ceman ceman..

Warna kesukaan : Biru langit
Hewan kesukaan : Doggy dongsss
Nomor kesukaan : Mungkin 25021996 xD
Minuman kesukaan : Air putih dan susu :9
Facebook or Twitter : Twitter lebih gaul wal. Haha
Keinginan : Jadi dokter gigi yang bisa keliling dunia. Bisa gak ya? Aminin aja 🙂
Dikasih atau memberi hadiah : Hmm. Dua-dua nya oke tuh :3
Aktifitas tubuh kesukaan : Jogging, renang, bulu tangkis.
Hari kesukaan : Suka semuanya. Sama rata favoritnya. hehe
Bunga kesukaan : Aduhh, gak punya bunga favorit segala. Asal dikasih dengan tulus udah jadi kesukaan kok #eaaa xD

Berikut penerima award yang charming sama seperti namanya, sunshine~
1. Nopri
2. Cuan
3. Nadya
4. Victor
5. Ryan
6. Gita

Demikian ritual penghargaan berantai ini.
Semoga bisa menjadi motivasi dan pacuan untuk teman-teman sekalian agar lebih semangat dalam menulis. Gak kayak saya yang labil -_-
Oke. Akhir kata. Salam semangat ya!

Fisika dalam kemasan Sastra

Haloooo semua.
Akhirnya saya kembali pada dunia blogging.
Sebenarnya juga karena ada permintaan dari guru sih. Hehe.
Kalo gak gitu mungkin ini blog udah berdebu. Labil banget ya aku nya :’)

Jadi, mulai hari rabu minggu lalu siswa SMADA sudah memulai ‘perang indoor-nya’.
Karena aku sekarang duduk di kelas XI IPA 5 a.k.a OPERA otomatis yang di-ulangin ya pelajaran kimia, biologi, fisika dan kawan-kawan. Gak kerasa banget sebenarnya udah ulangan semester aja di kelas XI ini, padahal dulu nya masih galau nentuin jurusan apa. Tapi setelah masuk kelas IPA ini, ternyata aku BISA dan MAMPU ngelewatinnya. Fiuhhh *ngelap keringat* *niup otak yang berasap*

Oke. Lanjut.
So, aku mau nyeritain sesuatu yang berbeda pada ‘perang’ kali ini.
FISIKA! Iya, fisika teman-teman dunia maya sekalian! :3
Coba bayangin deh gimana kalau anda diperhadapkan pada ulangan fisika!
Eits, jangan bayangin soal penuh angka nan perhitungan bin pake kertas coretan.
Buang jauh-jauh imajinasi anda jika seperti itu.

Karena guru saya, Pak Rudy Hilkya telah membuat suatu terobosan terbaru dalam pembuatan soal ulangan tahun ini khususnya mata pelajaran eksakta yang seringkali memakai perhitungan melulu. Apa sihh?
Nah, guru yang mempunyai band TEEN SPIRIT TEAM ini menggunakan FISIKA yang dikemas dalam bentuk SASTRA. Kebayang gak gimana panjangnya kalimat dalam satu soal? Logika dan daya analisis sangat dibutuhkan dalam penyelesaian soalnya.

Penasaran? Ayo lihat aja dehhh 😀

PicsArt_1355296690526

Jadi, sehari sebelum ulangan tersebut, saya menyempatkan diri untuk sekedar bergentayangan di dunia maya untuk cek ricek twitter dan blog pak Rudy. Jadi siswa harus kepo dong sama gurunya xD
Melalui media sosial twitter ia berpesan agar membuka edmodo yang bisa dikatakan forum tersendiri untuk kami anak didiknya.
Disana ia berbagi tips dan trik menghadapi ulangan.
Yang paling membuat saya speechless saat membaca ‘aturan main’ itu ialah ketika beliau menganjurkan kepada kami untuk tidak bermuka keras tetapi memasang muka manis alias tetap tersenyum. Ya, tersenyum saat ulangan fisika. Can I? Lalu saya berpikir ‘Why not?’ 😉

Sabtu pagi dengan petunjuk pak Rudy, kami kloter 2 dari XI IPA 5 tetap fokus dan tenang. Oiyaa senyum nya juga gak lupa kok 😀 . Ketika soal fisika tersebut dibagikan saya benar-benar takjub, pak Rudy memang gak pernah bohong tentang ucapannya menggunakan kalimat sastra. Membaca soal tersebut seperti membaca cerita yang harus dipahami oleh pembaca yang cerdas agar alur yang ditargetkan dapat dituju.

Hap. Saya pun tenggelam dalam penggalan-penggalan cerita seekor anjing, seorang anak yang bermain layangan, binaragawan yang mengangkat beban dan juga macam yang lainnya. Smile nya masih ada dong. Hehehe x)
Disana juga tidak lupa terselip kutipan pengetahuan dan juga potongan kalimat novel dari penulis terkenal, Andrea Hirata.

aa
Ya, sebelum membuat ulangan untuk kami, Pak Rudy sudah membaca tetralogi si “Ical”.
Darimana saya tahu? Sekali lagi hasil kepo dari twitter xD
Mungkinkah beliau terinspirasi dari novelis tersebut untuk membuat ulangan soal tahun ini? Hal tersebut belum saya pastikan.

Tapi yang penting pada saat ini, pak Rudy memang membuat semua, kami para muridnya, kadang penasaran dan deg-degan terhadap inovasi nya dalam mengajar. Selalu ada hal yang tak terduga dalam setiap pertemuan dengan beliau.
Dan untuk ulangan Fisika kali ini saya thumb up sethumb up, up nya *bahasa inggris maksa -_-*
Karena saya bisa merasakan perbedaan yang tidak mungkin ada di sekolah lain. Jadi merasa cetar gimana gitu. Wkwkwk.

Dan pada akhirnya, kami sebagai siswa pun berusaha melakukan sebaik mungkin bagian kami, dan sisanya saya serahkan kepada tangan Tuhan. Oleh karena itu, walaupun hasil nanti nya kurang memuaskan saya berharap proses yang ada ini dapat menjadi satu step lebih maju kedepannya. Aminn.
Keep spirit OPERA dan SPIDER.
Ngutip judul majalah keduanya jusma (jurnalistik smada) nih : WE ARE AMAZING GENERATION GUYS 😀

Hello World (2)

Helloooooo…

Seneng banget rasanya punya satu akun lagi di dunia maya ini.

Apalagi akun yang tujuannya untuk nulis seperti wordpress ini.

Yahh. Walaupun gak jago-jago amat dalam nulis :p

Sebelumnya udah punya dua blog yang berdomain blogspot.

Blog pribadi dan blog belajar bahasa Inggris (klik ya! :D)

Dan kali ini bikin wordpress supaya bisa berinteraksi dengan pak Rudy, guru Fisika saya.

Tentunya wordpress ini akan berisi seputar pelajaran 😉

Semoga dikelas XI IA ini aku bisa lebih berkembang dari sebelumnya dalam hal pelajaran.

Amin. God Bless Us 🙂